Persiapan Mahasiswa PGMI melakukan Penelitian Tindakan Kelas



IAI AL-AZIS – Mahasiswa PGMI angkatan 2020, diberi kesempatan berharga untuk dapat merasakan praktek mengajar di laboratorium yang bagus. Laboratorium berlokasi di MI Ma’had Al-Zaytun, Gedung Umar Ibnu Khatab. Didalamnya akan ada bermacam-macam karakter sesungguhnya siswa yang itu menjadi pengembangan berfikir kritis mahasiswa terhadap penemuan masalah yang terjadi dalam kelas yang selanjutnya dicari langkah-langkah cara mengatasinya.

Pada momen ini, mahasiswa PGMI mendapat waktu melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang menjadi modal praktek mengajar di kelas. Sebelum mahasiswa melangsungkan perencaan penelitiannya, tentu mahasiswa mendapat pembekalan dan pengarah dari dosen pengampu mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas, Ketua Prodi PGMI, bagian bidang kurikulum MI dan guru pamong (kelas 1 – 4).

Acara pengarahan itu sudah terlaksana pada hari Rabu, 31 Mei 2023 pada pukul 12.00 sampai selesai. Mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut sebanyak 30 mahasiswa. Sambutan dan arahan dari Ketua Prodi PGMI, Ibu Dewi Utami, bahwa mahasiswa peserta penelitan mendapat tempat laboratorium yang terkreditasi A plus. Kemudian lanjut beliau setelah melakukan penelitian ini, kemampuan mahasiswa meningkat. Sambutan dan arahan dari dosen pengampu, Ibu Anjar Sulistyani, dalam sambutan beliau mengucapkan terima kasih kepada madrasah ibtidaiyah Al-Zaytun, karena sudah memberi kesempatan kepada mahasiswa melakukan penelitian tindakan kelas di MI Al-Zaytun. Arahan dari bagian kurikulum MI yaitu Ibu Ita Rosita, beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan penelitian tindakan kelas, sekolah mendapat manfaat dari hasil temuan dari mahasiswa.


Editor: Tim Jurnalis Hima PGMI DB II


0 Komentar