Kemeriahan dalam IAI AL-AZIS Open House 2023 – Ajaran Ilahi untuk Semua

 


Tarbiyah, Pintu terbuka atau istilah keren yang tidak asing di telinga banyak orang yaitu Open House. Open house sering diadakan saat perayaan hari-hari besar, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal atau hari keagamaan lainnya. Kata “Open House” memiliki pengertian lain yakni tempat dimana orang umum bisa berkunjung ke  sebuah institusi di hari tertentu untuk melihat dan mengetahuinya. Istilah ini di serap ke dalam Bahasa Indonesia dengan nama Gelar Griya.



Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS) Open House adalah ajang silaturahim yang dilakukan sebagai salah satu promosi kampus. Adanya kegiatan IAI AL-AZIS Open House bertujuan mengundang masyarakat khususnya calon mahasiswa agar kenal dengan kampus IAI AL-AZIS dan mengajak mereka melihat lebih dalam yang kemudian  di rancang dalam satu acara untuk mengetahui ragam pilihan program studi, fasilitas dan sarana. Acara open house kali ini pada Minggu, 19 Februari 2023, peserta open house dihadiri oleh santri kelas 12 MA Ma’had Al-Zaytun yang berjumlah lebih dari 600 santri. Yang bertempat di Gedung H.M Soeharto (HMS) Lt. 4.


Acara berjalan lancar serta memberikan kesan di hati bagi setiap orang yang berada dalam acara. Terdapat pameran dari Fakultas Tarbiyah dan fakulat-fakultas lain, seperti stan dan tempat berfoto untuk peserta yang berkunjung. Pada stan Taribyah di dalamnya berisi media-media pembelajaran karya mahasiswa PGMI, tulisan-tulisan kaligrafi karya mahasiswa PBA, papan harapan, buku-buku karangan mahasiswa PGMI dan PBA dan beberapa piagam prestasi mahasiswa Tarbiyah. Santri yang berkunjung melihat stan diberi waktu melihat dan mencoba memainkan media pembelajaran yang tersedia dan di selingi kuiz-kuiz. Beberapa santri di beri izin menulis harapannya di kertas kecil warna kuning kemudian di tempel di Papan Harapan.


Selanjutnya ada sesi di atas panggung, sesi tanya dan jawab tentang profil lulusan dari setiap program studi PGMI dan PBA yang di bawakan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Kepala Program Studi PGMI dan PBA. Acara yang lainnya adalah penampilan dari mahasiswa-mahasiswa Fakultas Tarbiyah untuk para santri MA Ma’had Al-Zaytun dan para undangan. Penampilan dari Tarbiyah adalah drama yang bertema “Bersama Ilmu Menghadapi Dunia”.


Editor: Tim Jurnalis HIMA PGMI DB II


0 Komentar