Silaturahmi Bimbingan Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa PGMI Angkatan 2019

AI AL-AZIS, Bulan Maret Fakultas Tarbiyah akan menyelenggarakan agenda silaturahim bimbingan percepatan penyelesaian tugas akhir mahasiswa Prodi PGMI bersama Dekan Fakultas Tarbiyah dan Kaprodi PGMI di Gedung Jendral Besar Haji Muhammad Soeharto (HMS) lantai 2 Tribun sebelah Barat. Setiap mahasiswa Angkatan Prodi PGMI akan hadir pada acara tersebut. Mula-mula mahasiswa Angkatan 2019, mahasiswa Angkatan 2020, mahasiswa Angkatan 2021, dan mahasiswa Angkatan 2022. Setiap Angkatan akan mendapat giliran jadwal bimbingan.

Alhamdulillah, pelaksanaan agenda tersebut terlaksana dengan di hadiri oleh mahasiswa PGMI Angkatan 2019, pada Hari Rabu, 1 Maret 2023. Dengan jumlah peserta mahasiswa yang hadir yaitu ada 24 mahasiswa. Acara ini di mulai pada pukul 12.30 s/d selesai dengan seksama dan berjalan baik. Agenda ini adalah upaya dari IAI AL-AZIS memberikan arahan kepada mahasiswa Prodi PGMI agar dapat menyelesaikan S1 dengan lulus tepat waktu, sambutan dari Ustadzah Dewi Utami.

Di dalam acara itu, Ustadz Irvan Iswandi (Dekan Fakultas Tarbiyah) memberikan sambutan juga serta arahan untuk peserta yang hadir tentang motivasi dan makna kelulusan. Mahasiswa yang ada di jenjang Strata 1 akan dihadapkan dengan penyelesaian tugas skripsi. Skripsi yang akan di buat oleh mahasiswa harus mengikuti tahapan-tahapan agar tugas tersebut dapat selesai. Namun dalam berjalannya waktu, akan ada halangan yang akan di hadapi mahasiswa dalam menyusun tugas akhir itu. Maka Dekan Fakultas Tarbiyah memberikan kekuatan dan semangat kepada mahasiswa Angkatan 2019 tentang ketetapan untuk lulus dan apa kandungan dalam kata “Lulus”. Beliau menjelaskan bahwa menyelesaikan tugas Skripsi adalah bukan misi pribadi, namun misi yang dilakukan bersama-sama. Hal itu melihat dari ada orang tua, saudara ataupun kerabat yang menunggu mereka menyelesaikan pendidikan menjadi wisudawan dan wisudawati. Mereka akan memberikan hadiah terbaik kepada orang yang sedang menunggunya. Maka ini bukan misi secara pribadi. Karena waktu tidak bisa dihentikan dan tak bisa di ulang, janganlah menunda-nunda pekerjaan.

Selanjutnya, jika kita sudah menyakini bahwa tugas ini adalah misi bersama, supaya bisa lulus tepat waktu harus memiliki fokus sepenuh hati, disiplin dan tuntas. Maksudnya setiap ada revisi yang diberikan oleh dosen pembimbingnya harus segera di perbaiki kemudian di serahkan Kembali ke dosen pembimbingnya supaya mendapat arahan. Masih dari Ustadz Irvan, bahwa “Lulus” itu bukan hanya sekedar lulus. Melainkan dengan setiap dari mereka lulus yang terbaik dengan kriteria nilai yang bagus, lulus tepat waktu dan itu bisa menjadi kebanggan.

 

Editor: Tim Jurnalis HIMA PGMI DB II

0 Komentar