Penting!! Cara Menggosok Gigi Yang Baik Dan Benar Kepada Anak


Haurgeulis
Setiap orang sangat mendambakan gigi yang putih dan sehat. Ciri gigi yang sehat adalah gigi yang tidak ada plak dan karang gigi. Gigi sehat akan mencegah adanya penyakit dalam gigi misal sakit gigi ataupun rasa ngilu. Cara membuat gigi bersih dan sehat adalah dengan menggosok gigi. Menggosok gigi dengan memakai sikat gigi dan pasta gigi. Upaya yang bisa di lakukan membuat gigi sehat dilakukan juga dengan merawat gigi yang benar, seperti menggosok gigi minimal 2 kali sehari, mengurangi makanan manis, dan mengkonsumsi makanan bergizi.
Lihat Vidio PKM Penyuluhan Kesehatan Gigi di Yayasan Bonavida, Asik Seru Huoo Uwoow

Mahasiswa PGMI semester 5 mengadakan PkM yang terintegrasi pada mata kuliah Kesehatan. Tujuan melaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi anak-anak di sini supaya mengenal dan memahami gigi yang sehat dan cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dilaksanakan 10 Januari 2023 bertempat di Yayasan Bonavida Singgeura Milir Cabang Indramayu, Blok Bunder Desa Mekarjati Kecamatan Haurgeulis. Tim pelaksana memberikan penyegaran sebelum memasuki materi inti. Kemudian disini tim pelaksana menyediakan tes kuesioner pre-test dan post-test, tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan setelah penyampaian materi tentang gigi.

Dalam menggosok gigi harus dengan lembut bukan keras-keras karena akan menyebabkan menipisnya gigi dan melukai gusi. waktu yang baik untuk menyikat gigi adalah sesudah makan dan sebelum tidur.

Cara menggosok gigi yang benar dari penyampaian pemateri kegiatan ini sebagai berikut:

1. Oleskan pasta gigi seukuran kacang polong

2. Letakan bulu sikat gigi dengan posisi bentuk sudut 45o

3. Gosoklah gigi bagian depan ke arah atas dan bawah

4. Gosoklah gigi setiap bagian yang di gunakan untuk menguyah

5. Gogoklah gigi pada bagian dalam dengan gerakan ke depan dan belakang

6. Sikat lidah dengan gerakan maju dan mundur


Penulis: Dinatu Salma

Editor: Tim Jurnalis HIMA PGMI DB II

0 Komentar