Penerapan Metode Bercerita Dengan Wayang Di Taman Baca Al-Ikhlas

Bantargebang, Dalam rangka mengamalkan Tri Dharma di IAI AL-AZIS, mahasiswa melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kholifah Al Mar’ah Hafidzhoh, Lulu Syaharani dan Muhammad Barep Wardoyo Alfatah yang bertugas menjadi petugas kegiatan PkM. Mereka telah melakukan PkM yang berlokasi di Taman Baca Al-Ikhlas Bantargebang, Senin, 6 Juni 2022. Pengelola taman baca tersebut adalah Ibu Masnah S.Psi. sekaligus pengajar.

Tujuan didirikan Taman Baca Al-Ikhlas, agar anak-anak memiliki wawasan pengetahuan yang luas sehingga diharapkan anak-anak dapat menempuh kehidupan yang lebih baik kedepannya. Taman baca Al-Ikhlas juga membantu anak-anak kelas rendah dan kelas tinggi yang memiliki keterlambatan membaca agar bisa membaca dan memahami materi pembelajaran yang belum mereka pahami di sekolah.

Tujuan diadakan PkM di Taman Baca Al-Ikhlas yaitu untuk menarik perhatian anak-anak agar memperhatikan dan lebih fokus terhadap materi yang disampaikan maka tim pelaksana menggunakan media wayang sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi. Bahan ajar yang di jelaskan adalah materi menyimak cerita dongeng fabel Persahabatan antara Singa Raja Hutan dan Tikus. Anak-anak mengikuti pembelajaran dengan antusias dan aktif.



Diakhir penyampaian materi, kami mengevaluasi pembelajaran melalui kertas latihan soal untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kompetensi mereka setelah penyampaian materi sebelumnya.



Editor: Tim Jurnalis HIMA PGMI DB II

0 Komentar