Penyerahan Mahasiswa PPL Tahun 2022 di MIS Mahad Al-Zaytun

Mekarjaya IAI Al-AZIS, Mahasiswa sudah diberikan pembekalan PPL dari Dekan dan Kepala Bidang Studi masing-masing. Langkah berikutnya mahasiswa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di sekolah-sekolah yang telah ditentukan. Tanggal 17 Oktober 2022, hari Senin telah dilaksanakan acara penyerahan dan pelepasan mahasiswa PPL di MIS Mahad Al-Zaytun. Salah satu peserta acara tersebut memberikan informasi kepada tim peliput terkait acara tersebut.

Gambar 1: Acara Penyerahan PPL Tahun 2022 di MIS Mahad Al-Zaytun

Salah satu peserta PPL dari Prodi PBA, Syarifah menuturkan bahwa acara ini adalah untuk menyerahkan mahasiswa ke sekolah yang akan dilaksanakan PPL mereka. Dilanjut dengan penjelasan dari peserta PPL yang lain dari Prodi PGMI, Sania menjelaskan bahwa acara ini dimulai dari pembukaan, peyerahan dari Dekan Fakultas, penerimaan peserta PPL oleh Wakil Kepala Madrasah (Kepala Madrasah sedang berhalangan hadir) terakhir penutup. Jalan acara ini dipandu oleh MC bernama Zasiyah Auliyatullah.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh peserta PPL yaitu 13 dari Prodi PGMI dan 8 dari Prodi PBA. Hadir juga dari Dosen Pembimbing Lapangan. Penyampaian dari Bapak Dr. Irvan Iswandi, S.E., M.T. saat acara disampaikan mengenai bagaimana peserta menyiapkan segala keperluan untuk praktek pengalaman mengajar ini. Kegiatan PPL di MI Mahad Al-Zaytun dimulai pada tanggal 18 Oktober 2022 sampai 5 November 2022. Dalam kesempatan tersebut pun beliau selalu mengingatkan bahwa untuk mempergunakan waktu PPL untuk mahasiswa membuat proposal penelitian, karena sudah semester 7. Dilanjutkan tentang kemampuan mahasiswa PPL agar dapat mempraktikan keilmuwannya di lapangan bukan hanya di perkuliahan. Berikan kesan yang baik kepada seluruh jajaran sekolah dan siswa tempat PPL.

Gambar 2: Sesi penerimaan peserta PPL dari Wakil Kepala Madrasah

Disisi lain, kemudian disambung penyampaian dari wakil kepala madrasah MI Mahad Al-Zaytun oleh Bapak Hafidz Barzah. Beliau menerima mahasiswa PPL dengan senang hati, dan memberikan pengarahan pula kepada mahasiswa PPL agar memiliki pengetahuan dan sikap sosial yang mantap. Pengetahuan diperlukan untuk bisa menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, dan dari pengalaman disitulah pengetahuan kita bertambah, ungkap Bapak Hafidz. Sikap sosial juga penting dalam menjalin komunikasi kepada siswa dan lingkungan sekolah. Sikap sosial yang baik akan menciptakan jalinan komunikasi yang sehat dan akrab sehingga proses pembelajaran dapat berjalan baik.


Penulis: Dinatu Salma

0 Komentar