Ungkapan Minta Maaf dan Tolong, Bisa Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak

Gambar 1: Perkenalan 

Senin, 6 Juni 2022, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tabiyah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (Iai Al-Azis) 2022 telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Melalui Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong.” Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Taman Baca umum Al Ikhlas, Jalan Pangkalan 2 RT 001/RW 001 Kel. Sumur Batu Kec. Bantargebang Kota Bekasi/ TPA SUMUR BATU. Dengan dihadirkan oleh tiga perwakilan mahasiswa, yaitu Ma’rifatun Utami, Nisa Nadia Madani, dan Zahra Aulia. Kegiatan PKM ini berlangsung dari pukul 13.00 – 14.30 dan peserta didik yang hadir sejumlah 15 siswa.

Gambar 2: Peserta mengerjakan latihan

Pembelajaran dibuka oleh mahasiswa dengan doa bersama, megucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik serta membimbing kerapihan duduk peserta didik. Kemudian mahasiswa memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya. Lalu mahasiswa menyampaikan materi yang diajarkan yaitu ungkapan permintaan maaf dan tolong dengan menyiapkan media berupa gambar di kertas hvs. Dengan media tersebut peserta didik diarahkan untuk berfikir berdasarkan apa yang dilakukan ibu guru kepada Beni pada gambar dan peserta didik diperintahkan untuk memperagakannya.

Setelah itu mahasiswa memberikan variasi dengan mengadakan permainan bisik berantai, dan dilanjutkan dengan pertanyaan mahasiswa kepada peserta didik untuk menilai sejauh mana siswa memahami materi yang telah diberikan. Dilanjutkan dengan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberikan apresiasi kepada peserta didik yang telah mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan antusias. Diakhiri kegiatan

Gambar : Foto Bersama

Kegiatan pembelajaran dengan penuh rasa syukur dan mengucapkan hamdalah bersama-sama dan foto bersama.

Kegiatan PKM ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari peserta didik. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta didik mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien baik secara lisan maupun tulisan.


Penulis Laporan: Ma'rifatun Utami, Nisa Nadia Madani dan Zahra Aulia

Editor: @Div. Jurnalis HIMA PGMI II

0 Komentar