Partisipasi Mahasiswa PGMI, Untuk Penilaian Akreditasi Kampus IAI AL-AZIS

Gambar 1: Mahasiswa prodi PGMI semester 5 dalam persiapan kegiatan microteaching

Microteaching adalah teknik yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru ke lingkungan kelas yang sebenarnya. Microteaching juga dapat didefinisikan sebagai teknik pengajaran yang digunakan terutama dalam pendidikan pra-jabatan guru untuk melatih mereka secara sistematis dengan memungkinkan mereka bereksperimen dengan guru utama. Sambil menanamkan keterampilan mengajar pada siswa selama microteaching, negosiasi timbal balik siswa secara aktif menyajikan dan menyaksikan pertunjukan dapat memberikan kontribusi besar untuk perolehan keterampilan.

Gambar 2:  Ruangan Microteaching
Mahasiswa semester 5 atau yang banyak dikenal oleh para mahasiswa lain di kampus IAI AL-AZIS yaitu dengan sebutan Angkatan 8. Khususnya program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan jumlah mahasiswa 32 orang turut ikut serta berkontribusi dalam persiapan penilaian akreditasi dikamus IAI AL-AZIS. Penilaian akreditasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 september 2022. Nah, Salah satu yang ingin ditampilkan oleh mahasiswa prodi PGMI semester 5 ini adalah mempraktekan kegiatan micro teaching di ruangan yang telah tersedia di kampus IAI AL-AZIS yaitu berdekatan dengan Perpustakaan. Ruangan ini dinamakan “Ruangan Microteacing” yang dimana ketika mahasiswa sudah memasuki mata kuliah tersebut maka, akan melakukan praktek langsung diruangan tersebut sebagai aksi nyata sebelum terjun langsung di masyarakat luar nantinya.
Gambar 3: Perpusatakaan kampus IAI AL-AZIS

Kegiatan microteaching yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 ini pada tanggal 21 September 2022. Adanya kegiatan ini dilaksanakan memiliki tujuan untuk memperlihatkan simulasi mahasiswa mengajar dengan prosedur umum yang sudah diketahui banyak orang dengan berbagai tahapan-tahapan yang baik. Dalam Proses kegiatan ini melibatkan beberapa mahasiswa untuk memiliki peran penting masing-masingnya: 2 Orang sebagai guru, 1 orang sebagai observer, 1 orang sebagai operator, selebihnya sebagai murid.

Gambar 4: 2 orang yang berperan sebagai guru dan asisten guru yaitu ka Alisatus dan Ka Dina Nur

Ka Alisa berperan sebagai guru yang menyampaikan materi yaitu "Bangun Ruang". Sedangkan ka Dina Nur berperan sebagai asistennya untuk membantu ka Alisa selama pembelajaran dimulaikan.

Gambar
Gambar 5: Penyampaian materi

Ka Alisa dan ka Dina Nur memperlihatkan beberapa bangun ruang dengan bentuk yang nyata yaitu terbuat dengan besi, sehingga peserta didik melihat langsung bentuk asli dari bangun ruang.

Gambar 6: Suasana dikelas microteaching

Suasana kelas ini bersih dan nyaman, peserta didik terlihat sedang memperhatikan dengan cermat dan baik dalam memahami materi yang telah disampaikan dalam pembelajaran.

Gambar 7: Tim operator dan observer

Jika dilihat, gambar diatas ada ka Aqshal sebagai operator yang memanage jalannya kegiatan, dibantu dengan ka Amara sebagai observer selama kegiatan microteacing ini dilakukan hingga akhir kegiatan dilaksanakan. Semua kegiatan berjalan dengan lancar Alhamdulillah...


Penulis: Amara Ghina Aribah

Editor: DU@Div.Jurnalis HIMA PGMI II


0 Komentar