![]() |
Gambar 1: Mahasiswa prodi PGMI semester 5 dalam persiapan kegiatan microteaching |
Microteaching adalah teknik yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru ke lingkungan kelas yang sebenarnya. Microteaching juga dapat didefinisikan sebagai teknik pengajaran yang digunakan terutama dalam pendidikan pra-jabatan guru untuk melatih mereka secara sistematis dengan memungkinkan mereka bereksperimen dengan guru utama. Sambil menanamkan keterampilan mengajar pada siswa selama microteaching, negosiasi timbal balik siswa secara aktif menyajikan dan menyaksikan pertunjukan dapat memberikan kontribusi besar untuk perolehan keterampilan.
![]() |
Gambar 2: Ruangan Microteaching |
![]() |
Gambar 3: Perpusatakaan kampus IAI AL-AZIS |
![]() |
Gambar 4: 2 orang yang berperan sebagai guru dan asisten guru yaitu ka Alisatus dan Ka Dina Nur |
Ka Alisa berperan sebagai guru yang menyampaikan materi yaitu "Bangun Ruang". Sedangkan ka Dina Nur berperan sebagai asistennya untuk membantu ka Alisa selama pembelajaran dimulaikan.
![]() |
Gambar 5: Penyampaian materi |
Ka Alisa dan ka Dina Nur memperlihatkan beberapa bangun ruang dengan bentuk yang nyata yaitu terbuat dengan besi, sehingga peserta didik melihat langsung bentuk asli dari bangun ruang.
![]() |
Gambar 6: Suasana dikelas microteaching |
Suasana kelas ini bersih dan nyaman, peserta didik terlihat sedang memperhatikan dengan cermat dan baik dalam memahami materi yang telah disampaikan dalam pembelajaran.
![]() |
Gambar 7: Tim operator dan observer |
Jika dilihat, gambar diatas ada ka Aqshal sebagai operator yang memanage jalannya kegiatan, dibantu dengan ka Amara sebagai observer selama kegiatan microteacing ini dilakukan hingga akhir kegiatan dilaksanakan. Semua kegiatan berjalan dengan lancar Alhamdulillah...
Penulis: Amara Ghina Aribah
Editor: DU@Div.Jurnalis HIMA PGMI II
0 Komentar