Jalani Rekam Jejak Hidup Berhargamu dan Gapailah Mimpimu


Di negara kita, pendidikan belum sepenuhnya dirasakan oleh anak bangsa. Masih ada anak yang tidak sekolah bahkan putus sekolah akibat tidak mampu membayar biaya oprasional sekolah. Banyak diantara anak-anak tersebut yang memiliki mimpi dan harapan yang mulia untuk diwujudkan dimasa dewasa nanti. Solusi untuk permasalahan yang terjadi tersebut adalah memiliki beasiswa. Beasiswa dapat digunakan untuk menunjang keberlangsungan pendidikan. Bukan hanya untuk anak dari keluarga yang terbatas ekonomi tetapi juga bagi anak yang punya prestasi atau keterampilan dalam bidang yang diminati juga akan diberi beasiswa.

      Bagi kamu yang sedang atau ingin merasakan bangku perkuliahan, yuk simak uraian trik dan tips dari kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh mahasiswa PGMI IAI AL-AZIS terkait cara mendapatkan beasiswa S1 dan S2.

   Kegiatan webinar yang jatuh pada hari Ahad, 18 September 2022 telah menghadirkan pemateri yaitu Bapak Dzikri Saeful Anshori, S.P serta dosen yakni Ustadzah Iis Humaeroh, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd.I., M.Pd sebagai pengantar diskusi pada acara tersebut. Kegiatan ini dipandu oleh Risa Sabrina selaku moderator. Webinar ini berlangsung di zoom meeting pada pukul 16.00-17.38. Pemateri akan membahas seputar tentang “Tips dan Trik Mendapat Beasisiswa S1 dan S2”.

Dari penjelasan Bapak Dzikri Saeful Anshori, mengatakan bahwa ada jenis-jenis beasiswa, diantaranya:

1.    1.  Beasiswa pemerintah baik dari dalam maupun luar negri

Gambar 1: Pembicara webinar

a. LPDP (Beasiswa yang dikelola oleh pemerintah yang 10 % dari dana negara)

b. KIP Kuliah (Beasiswa yang diprogramkan pada era Jokowi) bahwasanya setiap kampus  memepunyai jatah KIP dengan cara mendaftarkan secara mandiri. KIP kuliah terbagi menjadi 2 yaitu; 1. KIP (oleh Kemendikbud), 2. KIP Pirasi (oleh lembaga)

2.    2.  Beasiswa negara asing yang bekerjasama dengan Indonesia

a. Beasiswa AAS (dari Australia)

b. Beasiswa Chevening (dari Inggris)

3.  3. Beasiswa yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan baik BUMN ataupun swasta

Contoh;

a. Pertamina

b. Bank Indonesia

c. Djarum

4.    4.  Beasiswa dari Yayasan atau Univ

a. Yayasan Univ Siliwangi

b. Yayasan Orbit BJ. Habibie

c. Yayasan BAZNAS

d. Beasiswa Univ Indonesia. Masing-masing terdapat slot atau jatah dana untuk beasiswa

Pesan dari beliau yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa atau calon mahasiswa yang mau dapat beasiswa, 3 hal penting yang perlu dimaksimalkan yaitu.

1.   1) Min IPK > 3.0 atau lebih

2.   2) How big your contribution (dengan cara berkontribusi dalam kegiatan       organisasi, PKM dan lain sebagainnya)

3.   3) Language (Bahasa) sebagai modal utama

   Dan hal yang perlu diperhatikan oleh kita semua adalah cerita pengalaman. Teori tanpa pengalaman = bohong , pembentukan mental pada diri seseorang harus diupauyakan dengan cara memiliki atau mencari pengalaman secara langsung. Setiap target coba buatlah perencanaan karena itu menjadi penentu untuk masa depan.




Editor: DU_@Div. Jurnalis HIMA PGMI II

0 Komentar