Life is Full of Surprises - Cerita Motivasi

Isi dunia ini penuh dengan berbagai hal yang mengagetkan. Bukan hanya hidup kita yang penuh dengan kejutan bahkan dalam ilmu pasti matematika pun juga demikian. Beberapa kutipan yang berhasil disingkap dengan pesan yang sama tersebut dapat dilihat dari beberapa contoh di bawah ini – dimulai dari kutipan dalam film layar lebar saat saya remaja dulu, sampai pesan dari dua ahli matematika berkebangsaan Inggris berikut:

My momma said,"Life is like a box of chocolates. You never know what you're gonna get" (Forest Gump).

Hidup itu seperti sekotak coklat. Kamu tidak pernah tahu coklat seperti apa yang kamu dapatkan.

Perhaps the most surprising thing about mathematics is that it is so surprising (E. C. Titchmarsh).

Barangkali yang paling mengejutkan tentang ilmu matematika bahwa matematika itulah yang sangat mengejutkan.

In great mathematics there is a very high degree of unexpectedness… (G.H. Hardy).

Dalam kehebatan ilmu matematika terdapat tingkat ketidakterdugaan yang sangat tinggi.

Dalam kehidupan, kejutan bisa memiliki peran yang penting untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkait hal tersebut walaupun sebetulnya ada hal yang kurang selesah saya rasakan untuk membincangkannya. Di awal ini, saya katakan bahwa kejutan itu bersifat subjektif, itu bermakna mungkin orang lain merasakan hal yang berbeda dengan apa yang saya rasakan.

Kejutan dapat dimaknai sebagai sesuatu yang terjadi tidak seperti yang kita harapkan atau sebaliknya. Bukankah itu kejutan jika suatu hal yang tidak kita harapkan tapi terjadi? Kecewakah kita? Lalu, bagaimana kita meredam dan mengolah kekecewaan yang tidak kita inginkan sehingga mengurangi penderitaan?

Kita perlu belajar bahwa semakin kita mengerti kondisi lingkungan kita maka kita akan lebih menyadari hal-hal yang kita tidak tahu dan tidak terduga. Kita juga perlu memahami bahwa segala sesuatu bisa berubah dengan sangat cepat, mereka dapat berubah menjadi salah dari benar, sedih dari bahagia, tanpa harapan dari penuh asa atau sebaliknya dan sebagainya. Apa yang terjadi tersebut merupakan gap atau kesenjangan antara keinginan dan dunia nyata.  Alangkah baiknya kita mengatur semuanya sedemikian rupa dengan cara yang baik agar kita dapat mengatasi segala kejutan yang tidak dapat dihindarkan; mengatur hati, pikiran, perasaan, energi dan sebagainya. Sepatutnya, kita berada pada manajemen adaftif dimana diri kita harus dapat bereaksi dengan baik atas segala kejutan-kejutan yang tidak terkira.

Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam mengatasi kejutan-kejutan yang tidak kita inginkan berlarut-larut menjadi masalah besar adalah kemampuan kita untuk bergeser dari kehadiran kejutan yang memicu masalah menjadi suatu respon atau tanggap cepat dan bijak atas apa yang terjadi. Kita harus mampu bertahan dan tetap mengedepankan akal sehat secara psikologis, melewati segala peristiwa yang ada. Jadilah pribadi yang memiliki daya lentur sebagaimana kita harus mampu beradaptasi dan tetap pada kondisi teguh walau dalam situasi yang sulit. Hal yang sangat wajar jika kecewa datang, namun bukan kekecewaan yang berlarut-larut. Dan adalah normal sedih hadir dalam perasaan kita namun bukan kesedihan yang diratapi. Bersikaplah seperti bola bekel yang mantul berlari kesana kemari dan seperti karet yang elastis.

Selamat datang di dunia yang penuh dengan kejutan. Jadilah kita orang-orang yang penuh dengan daya lentur menghadapi peristiwa kehidupan yang tak disangka.

Edisibelajarmemenejhatipikiran

semuaharusbelajarhidupbersama


 =====================================

Penulis: DU – PGMI_IAIA.

0 Komentar