PENGADAAN ‘WIFI’ GRATIS! (DISELENGGARAKAN OLEH MAHASISWA PGMI IAI AL-AZIS SEMESTER 4)


Poster WiFi ‘Webinar Geografi’ PGMI IAI Al-Azis
Gambar 1. Poster WiFi ‘Webinar Geografi’ PGMI IAI Al-Azis

Kampus Ma'had Al-Zaytun–Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia menyelenggarakan Weminar dengan Judul  “Pemanfaatan Sumber Daya, Energi dan Penanggulangan Bencana” pada Minggu, (18/04/2021).

Webinar Geografi ini disingkat menjadi ‘WiFi’. Acara ini dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Webinar ini dimulai pada pukul 09:00 hingga 12:30 WIB. Acara webinar ini diselenggarakan secara gratis. Webinar ini  dihadiri oleh beberapa mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia dan juga masyarakat umum.

Gambar 2. Tampilan screen acara pembukaan webinar

Webinar ini menghadirkan dua narasumber yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta yaitu Ronaldo Dwi Prasetyo, Tutor Geografi The Leader of Education dan Kepala Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa BEM Universitas Negeri Jakarta dan Annisa Dwi rosinawati, Kepala Komisi Aspirasi BLMP Geografi (Badan Legislatif Mahasiswa Prodi) Universitas Negeri Jakarta.

Kaprodi PGMI IAI Al-Azis  Usth. Anjar Sulistyani, S.Pt., M.Sc dan Usth. Wiena Safitri, S.T., M.Kom selaku Dosen pembimbing mata kuliah Geografi dan Lingkungan Hidup memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta, panitia, dan pemateri yang hadir pada acara Webinar Geografi ini dan menyampaikan bahwa acara ini adalah penghubung silaturahmi antara IAI Al-Azis dan kampus lainnya serta ajang pengenalan kampus IAI Al-Azis kepada masyarakat luas.

Selanjutnya masuk ke acara inti yakni materi sesi pertama yang disampaikan oleh Kak Ronaldo Dwi Prasetyo. Beliau menjelaskan tentang “Mitigasi bencana di era pandemi. Dalam materinya Kak Aldo menjelaskan bahwa ‘bencana adalah suatu fenomena yang dikaji yang terjadi  dipermukaan bumi baik alam atau non alam. Bencana non alam yang dimaksud adalah wabah penyakit yang sedang marak terjadi  di berbagai belahan dunia yaitu Covid-19. Ada beberapa serangkaian upaya dan siklusnya dalam menangani bencana atau menangulang bencana dan pada kesimpulannya "Semakin kita siap-siap semakin kita mudah menanggulangi kerentanan bahaya bencana  itu muncul.”

Gambar 3. Tampilan screen sesi penyampaian materi pada sesi pertama

Selanjutnya materi sesi kedua disampaikan oleh Kak Annisa Dwi Rosinawati. Beliau memaparkan tentang “Peran Pelajar Dalam Optimasi Pemanfaatan Sumber Daya Dan Energi Untuk Lingkungan”. Kak Anisa menjelaskan bahwasannya pelajar selaku warga negara Indonesia yang baik harus ikut berperan aktif dalam menjaga dan memanfaatkan sumber daya dan energy untuk lingkungan. Dalam penjelasannya, ada beberapa tingkatan umur untuk menyesuaikan peran yang harus dilakukan dalam, mengoptimasikan sumber daya, energi dan lingkungan. Kak Anisa memberikan  contoh video berupa seorang siswa SMK siswa perakit motor berbahan bakar air. Dengan memanfaatkan bahan yang ada dan tidak membuang sampah, bisa mengelola menjadi alat yang baru yang bisa disesuaikan dengan kondisi alam Indonesia dan sumber daya alamnya. Ini adalah salah satu contoh baik sebagai pelajar dalam memanfaatkan sumber daya alam. Pemateri menyimpulkan ‘jika kita ingin bersaing di negara lain, kita juga harus menyesuaikan kondisi negara tersebut. Jika ingin produk kita dilihat oleh negara lain maka, kita harus bisa menyayangi produk mereka dan menyesuaikan kebutuhan dari setiap negara itu sendiri’.

Gambar 4. Tampilan screen penyampaian materi pada sesei kedua

Selanjutnya, webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan semua pertanyaan berhasil dijawab oleh pemateri.

Gambar 5. Tampilan screen sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri

Agar peserta tidak bosan, Maryam selaku moderator, mengajak seluruh  peserta untuk bermain game tebak gambar. Para peserta antusias dalam mengikuti game tersebut dan agar peserta makin semangat, kami memberikan Doorprize untuk 3 orang yang berhasil memenangkan game tersebut.

Webinar yang diikuti oleh 76 orang itu, mendapat respon baik dari peserta maupun pemateri. Kesan dan pesan peserta untuk acara ‘Wifi’ ini sangat positif dan memberikan para panitia support untuk menyelenggarakan webinar seperti ini lagi dikemudian hari. Semoga ‘WiFi’ yang kami selenggarakan ini dapat bermanfaat untuk seluruh peserta dan semoga kita semua dapat menerapkan ilmu dari pemateri dengan baik. Walhamdulillahirrabbil’alamin.

 

(Penulis: Indah Hafizhah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages