Pembekalan Kegiatan PPL Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Prodi PGMI dan PBA Tahun Akademik 2022/2023

IAI AL-AZIS - Kamis, 13 Oktober 2022, tempat di Tribun lantai 2, telah melaksanakan agenda Pembekalan Kegiatan PPL untuk mahasiswa Fakultas Tarbiyah Prodi PGMI dan PBA Tahun Akademik 2022/2023. Acara pembekalan ini di pandu oleh Hasnah Dini Nurfatih. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 43 mahasiswa PGMI dan 24 mahasiswa PBA.


Gambar 1: Peserta Mahasiswa pembekalan PPL

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah al-Ustadz Dr. Irvan Iswandi, S.E., M.T., Kaprodi PGMI al-Ustadzah Dewi Utami, S.Pd., M.Pd., Kaprodi PBA aL-Ustadz Mas’ud Arifin, M.Pd., dan Dosen Pembimbing Lapangan Prodi PGMI dan PBA.


Gambar 2: Pembekalan PPL dari Kaprodi PBA

Adapun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 12 dosen,setiap prodi memiliki 6 dosen pembimbing lapangan. Dari penyampaian pembakalan Kaprodi PBA yaitu aL-Ustadz Mas’ud Arifin, M.Pd. disampikan mengenai teknik pelaksanaan PPL diantaranya sebagai berikut:

1.    Persiapan administrasi dan perijinan
2.    Pelaksanaan PPL
3.    Pembuatan laporan PPL
4.  Presentasi PPL

Kemudian penyampaian materi terkait pelaksanaan praktik, sebagai berikut:

1.  Praktik
2.    2.  Tugas mengajar sesuai Prodi
3.   Tugas lain di sekolah
4.    Semua kegiatan dicatat dalam jurnal
5.  Penilaian kegiatan mengajar menggunakan format yang disediakan


Gambar 3: Pembekalan PPL dari Kaprodi PGMI

Penyampaian materi selanjutnya oleh Kaprodi PGMI al-Ustadzah Dewi Utami, S.Pd., M.Pd. Beliau menjelaskan apa saja kompetensi yang harus dimiliki guru. Ada 4 kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, diantaranya: 

1    1.    Kompetensi Profesional, mahasiswa diharuskan mampu menguasai materi pembelajaran dengan lebih luas dan mendalam.

      2.    Kompetensi Pedagogik, mahasiswa mampu memberikan pemahaman yang mudah kepada siswa dengan prinsip perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik.

3    3.    Kompetensi Sosial, kemampuan mahasiswa untuk melakukan interaksi dengan siswa, interaksi dengan orang tua/ wali murid, interaksi dengan mitra sekolah dan interaksi dengan masyarakat tempat PPL mereka.

      4.   Kompetensi Personal, dimaksudkan untuk para mahasiswa memberikan penampilan yang terbaik saat terjun di lapangan.


Gambar 4: Pengarahan dari Dekan Fakultas Tarbiyah

Selanjutnya, sesi pengarahan dari Dekan Fakultas Tarbiyah, al-Ustadz Dr. Irvan Iswandi, S.E., M.T. beliau menyampaikan kepada peserta pembekalan PPL bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah menjadikan mahasiswa menjadi duta perwakilan kampus IAI AL-AZIS. Sebagai duta hal yang dilakukan saat PPL, bukan hanya praktik, tetapi mahasiswa juga membawa nama baik kampus. Maka peningkatan performa, percaya diri harus dilakukan dari ujung kaki sampai ujung kepala. Selanjutnya, barulah kita bisa menjadi manusia yang smart people. Dari situlah, mulai membuat perencanaan atau persiapan untuk melaksanakan PPL. Kemudian, kegiatan PPL membantu mahasiswa ingat bahwa sudah masuk semester 7. Untuk lulus tepat waktu maka mahasiwa harus menyelesaikan studi selama 8 semester. Adapun langkah-langkahnya, saat melakukan PPL, disitulah mahasiswa juga membuat proposal penelitian agar bisa mengajukan ke dosen untuk sempro. Dengan adanya lulusan tepat waktu maka itu bisa memberikan nilai tinggi dalam akreditasi prodi.

Penulis: Nurul Najmi Laila, Dinatu Salma
Editor: Jurnalis dan Humas Hima Prodi PGMI DB II

0 Komentar