Berita PGMI_Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 4 angkatan 8 Fakultas Tarbiyah di Institut Agama Islam Az-zaytun (IAI Al-AZIS), telah menyelenggarakan Workshop Matematika. Pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 yang berlangsung dengan meriah. Kegiatan yang dihadiri oleh 96 peserta yaitu terdiri dari para guru SD/MI, SMP di seluruh Indonesia, dan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi.
![]() |
Poster Workshop Online Matematika |
Adapun tujuan diadakannya pelatihan tersebut salah satu bentuk pegabdian kepada masyarakat, membantu mahasiswa dan guru membuat rencana pembelajaran sesuai kondisi siswa, mampu menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi tertentu. Acara ini diselenggarakan melalui zoom meeting yang dipandu oleh saudari Alisatussina Asshobri, C.NMC. selaku MC dan dilanjutkan oleh saudara Muhammad Barep Wardoyo Alfatah selaku moderator.
Dalam acara tersebut dipaparkan berbagai kendala kesulitan belajar matematika dan juga solusi strategis dalam penyampaian materi matematika yang mudah diterima siswa. Adapun kesulitan dalam belajar matematika yang disampaikan oleh Ibu Wiena, diantaranya; Pertama dari guru, kedua banyak rumus yang harus dihafalkan, ketiga kurangnya latihan dari siswa, keempat penggunaan matematika kurang dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari, dan kelima perlu konsentrasi. “Objek yang dipelajari matematika adalah objek yang abstrak, khayal contoh seperti simbol-simbol dan angka. Kebenaran yang ada pada matematika bersifat logika bukan empiris atau kenyataan”, ucap Ibu Wiena.
![]() |
Pemateri Ibu Wiena Safitri S.T.,M.Kom |
![]() |
Pemateri Ibu Nuraeni A.Md, S.Pd.I, M.Pd |
Sesi kedua ungkap Ibu Nuraeni, umumnya persiapan yang perlu dilakukan oleh seorang guru sebelum masuk kelas untuk mengajar adalah: (1) Persiapan fisik: kesehatan, pikiran; (2) Persiapan mental: ketenangan, pengelolaan kelas, dapat menciptakan suasana yang kondusif; (3) Materi ajar: penguasaan dan pemahaman materi ajar.
Sementara praktisi matematika Ibu Nuraeni menyampaikan bahwa kreatifitas guru dalam mengelola kelas
berperan penting dalam meningkatkan belajar siswa. Penyampaian materi belajar
oleh guru kepada siswa sebaiknya:
1. 1. Menggunakan gaya
penyampaian yang mudah diterima siswa
2. 2. Memahami karakter siswa
kelas yang diajar
3. 3. Menggunakan metode atau
cara pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Kata Ibu Nuraeni, keberhasilan guru dalam melaksanakan
proses pembelajaran kepada siswa tergantung kepada kemampuan guru dalam
menciptakan suasana belajar yang baik dikelas. Ada hal-hal yang perlu dilakukan oleh guru untuk menciptakan kelas yang
kondisif, yaitu dengan: 1.
Menggunakan media, 2. Metode, 3. Model, 4. Strategi pembelajaran dan teknik
pengajaran yang disesuaikan dengan materi ajar serta kondisi kelas.
Setelah sesi penyampaian materi dari narasumber, peserta diberikan kesempatan untuk praktek media sederhana untuk materi pecahan dengan menyiapkan bahan-bahan yang sudah disampaikan panitia sebelum dimualaikan kegiatan tersebut. Peserta juga diberi waktu bertanya dan membagikan pengalaman berharganya selama mengajar matematika di kelas. Selesai acara kami melakukan sesi foto bersama dengan pemateri dan peserta workshop yang hadir.
0 Komentar